Pachypodium brevicaule Cara Cepat Jadi Bongsor

Pachypodium brevicaule Cara Cepat Jadi Bongsor

Brevicaule bongsor itulah yang Nesia Artdiyasa, wartawan kami, lihat di nurseri Watu Putih di Yogyakarta. Sepot brevicaule berdiameter 12 cm baru sekitar 2 tahun disambung dengan batang bawah Pachypodium lamerei. Jika ditumbuhkan dari biji tanpa perlakuan sambungan, ukuran itu baru dicapai setelah 12 tahun. Maklum anggota famili Apocynaceae itu memang dikenal lambat tumbuh. Normalnya, hanya 1 cm per tahun.

Saking lambatnya pertumbuhan brevicaule, seorang kolektor menyebutnya si cebol. Tak cuma lambat, tingkat keberhasilan hidup dari biji pun sangat rendah. Dari total semaian, paling banyak 25% yang lulus hidup. Sisanya gagal berkecambah. Diduga ukuran biji brevicaule yang sangat kecil dan ringan-hanya sebesar wijen-jadi salah satu penyebab.

3 kali lipat

Supaya cepat bongsor, brevicaule disambung dengan batang bawah jenis lain. Lazimnya, dengan Pachypodium lamerei dan P. geayi. Keduanya dipilih lantaran populasinya banyak sehingga gampang didapat dan harga relatif murah. Pertumbuhannya pun cepat dan mudah beradaptasi di berbagai perubahan iklim dan lingkungan. Namun, jenis lain misal rosulatum dan horombense bisa juga dipakai sebagai batang bawah. Hanya konsekuensinya, stok lebih sulit didapat dan harganya mahal.

Setelah disambung, pertumbuhan brevicaule menjadi lebih pesat. ‘Secara umum, jika brevicaule disambung per tumbuhannya bisa 2- 3 cm per tahun,’ tutur Handry Chuhairy, pekebun di Alam Sutra, Tangerang. Kejadian serupa bila jenis lambat lain-misal P. namaquanum-diperlakukan sama. Secara alami, pachypodium berbentuk cereiform-berbatang tegak lurus-itu bertambah tinggi 5 cm per tahun. Bila disambung pertumbuhannya jadi 10- 12 cm per tahun.

Kerabat adenium itu jadi cepat bongsor lantaran pasokan hara dari batang bawah melimpah. Musababnya, menurut Aris Budiman, pemilik nurseri Watu Putih, lamerei dan geayi punya perakaran lebih kuat. Perakaran kuat, kemampuan mengambil hara pun meningkat. Ketersediaan makanan untuk batang atas lebih terjamin. Sementara perakaran brevicaule sangat lemah sehingga lamban tumbuh.

Sambung Brevicaule

  1. Siapkan batang bawah berupa Pachypodium lamerei dan P. geayi. Yang disukai batang bawah yang batangnya masih kehijauan, bukan keperakan, dan sehat. Batang hijau tanda tanaman cukup muda, batang keperakan tanaman cenderung sudah berkayu. Jaringan muda lebih mudah menempel ketimbang jaringan tua. Diameter batang kira-kira sebesar jempol atau berumur 2 minggu pascasemai.
  2. Siapkan brevicaule sebagai entres. Yang dipakai tanaman dalam kondisi tumbuh, bukan dorman, dan sehat. Itu lantaran pada pucuk yang sedang tumbuh dinding selnya lebih lentur dan mudah menyambung. Menurut Handry Chuhairy, cirinya ada daun dan mata tunas yang sedang tumbuh.
  3. Ambil pucuk yang sedang tumbuh itu sebagai entres. Ukurannya sebesar kuku kelingking-kira-kira diameter 1 cm. Buang daun yang ada untuk mengurangi penguapan. Pisahkan dari ‘umbi’ utama menggunakan pisau steril.
  4. Potong datar batang bawah pada ketinggian kira-kira 7-8 cm. Buang tepi-tepinya yang berduri. Bila tidak, bentuk batang bawah nantinya menyerupai mangkuk dan sulit menyambung dengan entres.
  5. Tempel entres mendekati tepi-di situ letak kambium-sehingga diharapkan proses penyambungan terjadi lebih cepat.
  6. Supaya posisi entres ajek, tahan menggunakan plastik atau karet.
  7. Sungkup dengan plastik dan simpan di tempat teduh selama 2 minggu. Tujuannya supaya sambungan tidak terkena air dan berada dalam kondisi suhu stabil. Untuk mempertahankan kelembapan yang dibutuhkan pachypodium, cukup siram media bila kering. Bila penyambungan dilakukan secara massal, letakkan tanaman di dalam mistroom. Setelah 2 minggu tanaman boleh terkena sinar matahari langsung. Entres dan batang bawah bakal menyambung setelah 3 bulan.
  8. Setelah setahun, batang bawah bisa dipendam sehingga sambungan tidak terlihat. Dengan kecepatan pertumbuhan 2-3 cm per tahun, brevicaule berdiameter 15 cm seperti yang Eddi Sebayang miliki bisa dicapai dalam 5-7 tahun. Tidak perlu menunggu hingga 15 tahun.

Login

Dapatkan GRATIS ongkir untuk tujuan pengiriman pulau Jawa dengan pembelian minimum Rp 300,000 Tutup

Contact Person WhatsApp saya