belimbing (Averhoa carambola)

Lebih Dekat dengan Belimbing

Namanya panjang, Abū al-Walīd Muhammad bin Ahmad bin Rushd, sebangun dengan beragam profesi, yakni dokter, fisikawan, filsuf, dan hakim. Pemikir kelahiran Kordoba, Spanyol, 14 April 1126 itu sohor dengan sebutan Ibn Rusyd yang berubah menjadi Averroes di lidah Barat. Genus belimbing, Averrhoa, meminjam namanya hingga kini. Menyebut belimbing, ingatan kita akan tertuju pada belimbing buluh dan belimbing manis.

Beberapa ahli botani melaporkan belimbing buluh Averrhoa bilimbi berasal dari Maluku dan Malaysia. Sementara belimbing manis Averrhoa carambola berasal dari Maluku dan Srilanka. Masyarakat memanfaatkan kedua belimbing itu sejak ratusan tahun lalu. Pada 1793 belimbing buluh dilaporkan dibawa dari Maluku melalui Timor menuju Jamaika. Lalu tersebar luas di wilayah Amerika Selatan dan daratan Amerika latin.

Belimbing papua

Menyusul kemudian pada 1887 belimbing manis dibawa ke Florida bagian selatan. Akhirnya kedua belimbing itu tersebar ke seluruh kawasan benua Amerika. Belimbing buluh tercatat sebagai tanaman koleksi Kebun Raya Bogor pada 1823, sedangkan belimbing manis 1844. Selain kedua jenis belimbing itu, Indonesia memiliki belimbing yang lain, yakni belimbing papua dan belimbing gorontalo.

Kedua belimbing itu relatif baru jika dibandingkan dengan belimbing buluh dan manis. Belimbing papua ditemukan oleh tim eksplorasi gabungan Pusat Penelitian Biologi dan Kebun Raya Bogor. Penemuannya pada 1985 dan berlokasi di Cyclops, Provinsi Papua. Belimbing papua pertama kali ditemukan dalam bentuk biji. Hasil koleksi dalam bentuk biji itu lalu disemai di pembibitan hingga siap tanam.

Bibit itu lalu ditanam sebagai tanaman koleksi di Kebun Raya Bogor. Penanaman dilaksanakan pada 1988. Lokasi penanaman di vak III.C.310, vak VII.D.96—96a dan VII.D. 98—98a. Belimbing papua itu semula diberi nama Averrhoa sp. Kemudian pada 1997 Dr van Balgooy mengidentifikasinya sebagai Averrhoa bilimbi L. Belimbing papua memiliki bentuk berupa pohon. Bentuk daunnya sama dengan daun belimbing buluh.

Daun muda belimbing papua berwarna merah marun. Bentuk buah sama dengan belimbing manis. Pembeda antara belimbing papua, belimbing buluh, dan belimbing manis adalah bentuk dan warna bunga. Bunga belimbing papua berbentuk kluster, menempel di permukaan batang utama dan percabangan. Jumlah bunga 1—45 kuntum. Bunga berwarna putih pada biang tepi, serta berwarna merah muda dengan garis ungu di bagian tengah.

Adapun buah berbentuk bintang dan keras. Sosok buah lebih ramping dibandingkan dengan buah belimbing manis. Ketika muda buah berwarna hijau, lalu berubah kuning setelah masak. Rasa daging buahnya masam. Biji belimbing papua berbentuk bulat pipih, mirip biji belimbing buluh.

Penemuan belimbing gorontalo tergolong lebih baru, yakni pada 2002. Penemunya tim eksplorasi Kebun Raya Bogor. Belimbing gorontalo kali pertama ditemukan dalam bentuk anakan. Anakan itu kemudian ditanam di pembibitan. Pada 2007 belimbing gorontalo ditanam di kebun Vak XXIV.B. 79; 81; dan 86-86a-86b. Kala itu penamaannya sebagai Averrhoa sp.

Login

Select your currency
WhatsApp chat WhatsApp saya