Juniperus Terelok

Ekshibisi Bonsai

Bonsai-bonsai kelas dunia beradu elok di Chang Hwa, Taiwan.

Bonsai-bonsai elok itu berkumpul di sebuah aula besar untuk beradu keindahan di Kota Chang Hua (500 km di sebelah selatan Taipe, 2,5 jam perjalanan dengan kereta) Taiwan, pada November 2016. Jumlah peserta lebih dari 500 tanaman. Panitia mengadu bonsai berdasarkan jenis. Misal bonsai berbuah beradu dengan bonsai berbuah, bonsai berbunga dengan yang berbunga. Tamu-tamu lebih dari 35 negara seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, Australia, Korea, dan bahkan negara-negara di Eropa timur menghadiri pameran itu.

Membeludaknya peserta membuat area pameran berlangsung di beberapa tempat yang terpisah. Pada salah satu area acara berbentuk sebuah kebun tamanan yang sangat luas, ratusan bonsai dipamerkan di alam terbuka dari berbagai macam jenis. Salah satu peserta, bonsai beringin kimeng Ficus microcarpa menjadi maskot pameran. Bonsai raksasa anggota famili Moraceae itu menarik minat pengunjung sehingga banyak yang mengabadikannya dengan berfoto di depannya.

Persaingan ketat
Di area pameran dalam ruangan itu berlangsung di sebuah gedung berukuran luas, pemandangannya tidak kalah menarik. Panitia menata ratusan bonsai dengan latar yang amat rapi. Artis-artis Taiwan terkemuka menjuri pameran bergengsi itu. Ratusan bonsai yang rata-rata berukuran besar bersaing untuk menjadi yang terbaik. Keragaman jenis pohon amat tinggi, baik berdaun jarum maupun berdaun lebar dengan aneka gaya yang menarik.

Itulah sebabnya juri relatif sulit memilih yang terbaik. Pada akhir acara kontes, terpilih bonsai terbaik yaitu Juniperus chinensis varietas sargentii dan memperoleh penghargaan Hwa Ping. Sang juara sebuah pohon yang bahannya berasal dari Jepang. Di samping itu juga terpilih sebuah bonsai hibiscus yang nyaris sempurna sebagai salah satu bonsai terbaik. Sebuah Juniperus chinensis asli Taiwan juga terpilih sebagai bonsai terbaik.

Login

WhatsApp chat WhatsApp saya