Gaharu Normalkan Gula Darah

Gaharu Normalkan Gula Darah

Konsumsi rutin daun gaharu menurunkan kadar gula darah.

Suprayitno Podo memang peminum kopi sejati. Lelaki kelahiran Atambua, Nusa Tenggara Timur, itu bisa menyeruput rata-rata 6 gelas kopi manis dalam sehari. Kebiasaan itu berlangsung sejak 1987. “Rasanya belum tenang kalau belum ngopi,” ujar pria 46 tahun itu. Gaya hidup itu memicu diabetes mellitus. Kadar gula darah Suprayitno melambung hingga 300 mg/dl, kadar normal, 130 mg/dl.

Ayah satu anak itu mengunjungi dokter setelah sepekan lamanya merasa gampang lelah. “Saya juga sering berkemih pada malam hari dan mudah lapar,” ujarnya. Semula untuk mengatasi lelah ia mengonsumsi obat penambah stamina yang dijual bebas di warung. Sayang, upaya itu tak menyelesaikan masalah. “Saya merasa capai terus selama seminggu lebih,” kata Suprayitno.

Perketat
Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari Rumahsakit dr Sardjito, Yogyakarta, Prof Dr dr Nyoman Kertia, SpPD, KR penyakit diabetes mellitus dapat disebabkan oleh faktor lingkungan dan keturunan. “Lingkungan lebih pada pola hidup sementara keturunan secara genetik,” tutur Nyoman. Menurut Nyoman gejala diabetes polipagi atau banyak makan tetapi masih merasa lapar, polidipsi (selalu merasa haus), dan poliurine (ingin berkemih).

Nyoman mengatakan, penyakit diabetes baru bisa diketahui setelah pemeriksaan gula darah. “Sekarang dikatakan diabetes jika kadar gula darah saat puasa diatas 130 mg/dl dan di atas 140 setelah dua jam makan,” tutur Nyoman. Standar itu berubah sejak lima tahun terakhir. “Kalau dulu orang dikatakan diabetes jika kadar gula darah diatas 140 mg/dl ketika puasa dan di atas 200 mg/dl dua jam setelah makan,” kata Nyoman.

Sekarang standar diabetes lebih diperketat karena dokter ingin masyarakat sehat. Menurut Nyoman risiko paling fatal akibat diabetes mellitus adalah koma bahkan meninggal. “Ketika gula darah sangat tinggi dan tergantung kekuatan tubuh pasien ada yang gula darahnya 400 mg/dl sudah koma ada juga yang 1.000 mg/dl baru koma. Lain lagi dengan penderita diabetes yang lepas kontrol. Dia habis minum obat setelah itu lupa makan dan olahraga berat,” kata Nyoman.

Menurut dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu dalam kondisi seperti itu pasien juga bisa koma lalu meninggal karena gula darah sangat rendah di bawah 70 mg/dl. Kalau orang normal ketika gula darah rendah bisa merasa haus atau lapar. Sebaliknya penderita diabetes sarafnya terganggu sehingga terkadang tidak merasa haus atau lapar ketika gula darah sangat rendah.

Empat tahap
Nyoman mengatakan, penanganan penderita diabetes di dunia medis ada 4 tahap, yakni edukasi, diet, olahraga, dan obat. Olahraga berfungsi agar gula masuk ke sel tidak ke darah. Berkaitan dengan diet, pasien harus menghindari makanan seperti gula yang gampang diserap yaitu glukosa. Pasien diabetes juga sebaiknya makan secara sering dengan porsi sedikit-sedikit sesuai anjuran dokter.

Olahraga yang bagus untuk penderita diabetes antara lain jalan dan berenang. Beberapa obat diberikan dengan sifat yang dapat memacu pankreas untuk membuat insulin, ada yang berfungsi agar sel-sel bisa menyerap gula. Ada juga obat yang bersifat mencegah gula agar tidak terserap ke darah. Suprayitno lebih memilih daun gaharu untuk mengatasi gangguan itu.

Ia hanya menyeduh daun gaharu Aquilaria malaccensis dalam kantong persis teh celup. Warga Jambi Selatan, Provinsi Jambi, itu mulai mengonsumsi seduhan daun gaharu sejak Juni 2013. Setiap hari ia menyeduh 3 kantong daun gaharu usai makan pada pagi, siang, dan malam hari. Suprayitno merasakan perbedaan signifikan setelah rutin konsumsi seduhan daun gaharu.

Jika semula ia berkemih rata-rata 3—5 kali per malam, turun menjadi 1—2 kali per malam. Usai bangun pagi ia merasakan tubuh lebih bugar. Rasa lapar yang kerap kali datang meski frekuensi makan sering, mulai hilang setelah 1 bulan konsumsi daun gaharu. Itu seiring dengan menurunnya kadar gula darah. Pengecekan pada Agustus 2014, “Gula darah saya normal lagi di angka 150 mg/dl,” kata lelaki kelahiran 6 September 1968 itu.

Atasi langu
Duduk perkara normalnya gula darah setelah Suprayitno mengonsumsi daun gaharu belum diketahui. Daun gaharu mengandung beragam senyawa aktif antara lain asam heksadekanoat, saponin, dan flavonoid. Menurut herbalis di Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ujang Edi senyawa itu membantu menurunkan kadar gula darah. Ia meresepkan daun gaharu untuk penderita diabetes dengan menyeduhnya seperti teh.

Mula-mula ia mengeringkan terlebih daun segar itu dari pukul 08.00—11.00. “Jangan sampai warna hijaunya hilang semua,” kata Ujang. Daun tanaman anggota famili Thymelaeceae itu kemudian diseduh dengan dosis 10 g per gelas. Atau bisa juga sekitar 20 daun segar direbus dengan 0,5 liter air. Agar tidak langu, pasien bisa menambahkan rimpang jahe. Menurut Ujang selain sebagai penghilang rasa langu, jahe juga bermanfaat untuk pegal-pegal.

“Biasanya penderita diabetes selalu merasa tidak nyaman saat bangun pagi. Rasanya seperti habis digebuki,” kata Ujang. Menurut Ujang Edi sekitar 3 hari pascakonsumsi seduhan daun gaharu, gula darah mulai turun. Lima tahun terakhir kian banyak pekebun menanam spesies yang menghasilkan aroma harum itu. Selama ini pekebun hanya memanfaatkan gubal yang wangi. Kini sebelum panen gubal, pekebun tetap dapat memetik daun yang berkhasiat.

Login

WhatsApp chat WhatsApp saya